Minggu, 06 Mei 2012

Telur Dinasurus Di Temukan

Tiga orang pemburu amatir menemukan lebih dari 100 fosil telur Dinosaurus di pelosok India. Mereka juga menemukan fosil jejak reptil raksasa yang hidup antara 144 juta tahun hingga 65 juta tahun lalu itu di sekitarnya.

Gambar


Seluruh telur tersebut ditemukan dalam satu lokasi penggalian di wilayah Kukshi-Bagh, sekitar 150 kilometer arah barat daya Indoye yang masuk negara bagian Madhya Pradesh. Lokasi tersebut diperkirakan menjadi sarang dinosaurus di masa lalu.

"Hewan-hewan ini berasal dari tempat yang jauh dan datang hanya untuk bertelur ke bantaran sungai berpasir di wilayah yang secara ilmiah diberi nama blok Lameta," ungkap Vishal Verma, salah satu penemunya sebagaimana dilaporkan The Hindustan Times dalam edisi online-nya. Dengan adanya fosil telapak kaki di sekitarnya, para peneliti dapat menggunakannya untuk melacak jejak perjalanan dinosaurus dari dan ke lokasi tersebut.

Verma memperkirakan dinosaurus yang meninggalkan telurnya di sana termasuk dinosaurus pemakan tumbuh-tumbuhan. Telur-telur tersebut dapat dikategorikan menjadi tiga jenis dari kelompok sauropoda yang berukuran tinggi antara 12 meter hingga 27 meter. Verma bersama dua pemburu fosil lainnya dari Mangal Panchayatan Parishad, Rajesh Chouhan dan Govind Verma menemukan seluruh telur tersebut setelah menggali selama 18 jam. Dilaporkan, 6 hingga 8 telur ditemukan di setiap sarang.

Mantan direktur Lembaga Survai Geologi India Dr. Arun Sonakia menyambut baik penemuan ini. Menurutnya, temuan ini membuka jalan bagi para ilmuwan untuk mempelajari sebaran dinosaurus di masa lalu dan penyebab kepunahannya. Banyaknya telur yang ditemukan juga memberi petunjuk seberapa besar keanekaragaman dinosaurus di Era Cretaceous antara 144 juta tahun hingga 65 juta

Read more: http://www.forumkami.net/sejarah/22353-telur-dinasaurus-di-temukan.html#ixzz1u55FSJAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar